Urgensi Teknologi Pendidikan Islam Bagi Pesantren Dalam Menghadapi Perkembangan Zaman
DOI:
https://doi.org/10.36840/alaufa.v3i2.485Kata Kunci:
educational technology, the development of the times, traditional Islamic boarding schoolAbstrak
Teknologi pendidikan Islam memiliki peran penting dalam pendidikan Islam. Teknologi pendidikan Islam menawarkan berbagai kemudahan bagi dunia pendidikan. Pesantren yang merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam harus ikut mengikuti kemajuan zaman. Pesantren dapat memanfaatkan teknologi pendidikan dan kemajuan zaman untuk lebih memperluas dan mengembangkan pendidikan dan ilmu keislaman, serta dapat lebih banyak menyiarkan pendidikan Islam. Dalam pendidikan pesantren, peran teknologi pendidikan masih belum dilaksanakan. Pesantren cenderung mempertahankan budayanya yang oleh sebagian orang dianggap kuno karena tidak mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Bahan diperoleh dari sumber yang relevan berupa buku, artikel ilmiah, dan jurnal. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa pondok pesantren berusaha mengikuti perkembangan zaman yang terus berubah. Pesantren berusaha mengadopsi berbagai kemajuan zaman dengan tetap mengedepankan ajaran agama yang berlaku di pesantren. Dengan ini, pesantren tidak perlu takut untuk maju dan berkembang.
Referensi
Ajizah, Imroatul. “Urgensi Teknologi Pendidikan : Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0.†Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2021): 1689–99.
Albi Anggito, Johan Se, and Tiawan. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Edited by Ella Deffi Lestari. Cetakan Pe. Sukabumi: CV. Jejak, 2018.
Dan, Pesantren Al-huda, Jejak Sejarah, Dakwah Ulama, Hadramaut D I Gorontalo, and Fakultas Ushuluddin. “THE PESANTREN AL-HUDA AND DA ’ WAH HISTORY TRACES OF THE Erwin Jusuf Thaib,†n.d., 827–42.
Elihami, Elihami, and Andi Saharuddin. “Peran Teknologi Pembelajaran Islam Dalam Organisasi Belajar.†Edumaspul - Jurnal Pendidikan 1, no. 1 (2018): 1–8. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v1i1.34.
Gunawan, Edi, and Mia Amalia. “Potret Dakwah Di Tengah Era Globalisasi Dab Perkembangan Zaman.†Over The Rim, 2017, 191–99. https://doi.org/10.2307/j.ctt46nrzt.12.
Jamaluddin, Muhammad. “METAMORFOSIS PESANTREN DI ERA GLOBALISASI,†n.d.
Lestari, Sudarsri. “Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi.†Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2018): 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.
M. Syahran Jailani. “Kepemimpinan Kiai Dalam Merevitalisasi Pesantren.†Innovatio, n.d.
Unik Hanifah Salsabila, Risqie Pramudya Endi, Roisul Ma’ruf, Sulaiman Saputra, and Inan Taat Diyanah. “Urgensi Teknologi Pendidikan Di Era Disrupsi.†Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 2 (2020): 721–26. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v5i2.1074.
Waidi, Didin Saefudin, and Mujahidin. “Pembaharuan Pengelolaan Pesantren Tradisional; Studi Kasus Di Pesantren Al Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes.†Jurnal Pemikiran KeIslaman 30, no. 2 (2019): 372–92.
Yaumi, Muhammad. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Edited by Sitti Fatimah Sangkala Sirate. Edisi pert. Indonesia: Prenada Media Group, 2018.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Silviana Putri Kusumawati, Unik Hanifah Salsabila, Indah Purwanda, Nasirudin Ahmad, Caya Tri Jaka

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.