POLA KEPEMIMPINAN KIYAI DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

Penulis

  • Isti Lailatul Amanah Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Fandi Akhmad Universitas Ahmad Dahlan
  • Nurjannah Universitas Ahmad Dahlan
  • Tedi Wardani Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.36840/alaufa.v3i2.482

Kata Kunci:

Pola Kepemimpinan Pesantren

Abstrak

Era globalisasi yang berkembang waktu ini menuntut adanya kader bangsa yang memiliki kualitas sumber daya insan seutuhnya, tangguh pada menghadapi segala tantangan zaman. Hal tadi dapat terwujud pada dukung sang sistim pendidikan yang berkualitas. Dikalangan umat Islam sendiri pondok pesantren disebut sebagai contoh institusi pendidikan yang memiliki keunggulan, baik dari aspek tradisi keilmuan maupun moralitasnya. Pesantren dianggap mampu menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada anak agar kader bangsa mempunyai SDM seutuhnya. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif dengan lokasi di PP Al Munawwir Krapyak Yogyakarta, hasil dari penelitian ini yaitu Gaya kepemimpinan yang diterapkan pondok pesantren Al Munawwir Krapyak yaitu dengan sistem demokratis, musyawarah untuk mufakat dan juga sistem otoriter. Dan dalam mengembangkan pendidikan karakter santri yaitu dengan memberikan nasehat, pembiasaan, keteladaan (uswatun hasanah), pemberian reward dan juga punishment kepada santri.

Referensi

Asmara, Husna, Pengantar Kepemimpinan Kependidikan, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1985.

Basyarahil, Muhammad Thariq, Sukses Menjadi Pemimpin Islam, Jakarta: Maghfirah Putaka, 2005.

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3S, 1982.

Elmubarok, Zaim, Membumikan Pendidikan Nilai Mengumpulkan Yang Terserak, Menyambung Yang Terputus Dan Menyatukan Yang Tercerai, Bandung: Alfabeta, 2009.

Lickona, Educating For Character, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Nata, Abuddin, Sejarah Pertumbuhan Dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia (Jakarta: Grasindo, 2001)

, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika, 2003.

Raharjo, Turnomo, Menghargai Perbedaan Kultur (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, R&D (Bandung: Alfabeta, 2008

Sukanto, Kepemimpinan Kiai Dalam Pesantren, Jakarta: Pustaka LP3ES, 1999.

Susilo, Suko, Memahami Kepemimpinan, Surabaya: Jenggala Pustaka tama, 2008.

Sagala, Syaiful, ‘Manajemen Dan Kepemimpinan Pondok Pesantren’, Jurnal Tarbiyah,22.2 (2015).

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-03

Cara Mengutip

Isti Lailatul Amanah, Fandi Akhmad, Nurjannah, & Tedi Wardani. (2021). POLA KEPEMIMPINAN KIYAI DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. AL-AUFA: JURNAL PENDIDIKAN DAN KAJIAN KEISLAMAN, 3(2), 31–44. https://doi.org/10.36840/alaufa.v3i2.482