Urgensi Kisah Nabi Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.36840/alaufa.v3i01.393Kata Kunci:
Kisah Nabi, Anak usia dini, kognitif, emosional, spiritualAbstrak
Fenomena yang terjadi di Indonesia yaitu banyaknya masyarakat yang memiliki minat baca tinggi, namun mempunyai daya baca yang rendah. Hal ini disebabkan oleh pola pendidikan sedari kecil yang kurang memperhatikan kebiasaan membaca dan juga bahan apa yang dibaca. Berdasarkan teori Montessori, fantasi anak haruslah dibatasi, maka ia merekomendasikan kisah-kisah yang diangkat dari kisah nyata. Dalam penelitian ini penulis ingin memaparkan rekomendasi membangun kebiasaan membaca dengan memberikan kisah nabi sejak anak usia dini sekaligus pengaruhnya pada perkembangan psikologi kognitif, emosional dan spiritual anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif fenomenologi deskriptif. Subyek penelitian ini adalah dua orang ibu rumah tangga yang memberikan kisah-kisah nabi kepada anak-anaknya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian kisah nabi sejak anak berada pada masa usia dini merupakan hal yang urgen untuk dilakukan para orang tua demi membentuk seorang anak yang tidak hanya baik secara akhlak, namun juga mental dan spiritual.
Referensi
Alawiah, Ade Lia, Vismaia S. Damaianti, dan Engkos Kosasih. “Pengembangan Sikap Kritis Siswa Dalam Kegiatan Berliterasi Di Sekolah.†Dalam Seminar Internasional Riksa Bahasa, 2019.
“Anies: Masyarakat Punya Minat Baca tapi Daya Baca Rendah - Indonesiainside.id.†Diakses13Desember2020. https://indonesiainside.id/metropolitan/2019/09/04/anies-masyarakat-punya-minat-baca-tapi-daya-baca-rendah.
“Arti kata fantasi - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.†Diakses 14 Desember 2020. https://kbbi.web.id/fantasi.
“Arti kata imajinasi - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.†Diakses 14 Desember 2020. https://kbbi.web.id/imajinasi.
Azkia, Nura, dan Nur Rohman. “Analisis Metode Montessori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa SD/MI Kelas Rendah.†Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education 3, no. 2 (28 Agustus 2020): 69–77. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i2.7917.
Fajarwati, Indah. “Konsep Montessori Tentang Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam.†Jurnal Pendidikan Agama Islam 11, no. 1 (8 Februari 2017): 37–52. https://doi.org/10.14421/jpai.2014.111-03.
Hasnawati, Hasnawati. “Urgensi Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini Dalam Membentuk Kepribadian Islami.†Jurnal Andi Djemma| Jurnal Pendidikan 2, no. 2 (2019): 19–29.
Hatta, Jauhar. “Urgensi Kisah-Kisah Dalam Al-Qur’an Al-Karim Bagi Proses Pembelajaran PAI Pada MI/SD.†Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 1, no. 1 (2009).
Indyati, Febrina, Dadan Suryana, dan Asdi Wirman. “Pengaruh Pembelajaran Metode Montessori terhadap Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini.†Jurnal Pendidikan Tambusai 4, no. 3 (2020): 3267–80.
Kahija, YF La. Penelitian Fenomenologis: Jalan Memahami Pengalaman Hidup. 4 ed. PT Kanisius, 2020.
KOMINFO, PDSI. “TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet Di Medsos.†Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Diakses 13 Desember 2020. http:///content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media.
Lillard, Paula Polk, dan Lynn Lillard Jessen. MONTESSORI: Mendidik Sejak Lahir Pendidikan AnakAnak dari Usia 0 sampai 3 tahun, Terj. 1 ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.
Jean Kermode. “Montessori, Fantasy, and Fairy Tales: How to Point Our Children Towards the Beauty and Mystery of Reality,†4 Juni 2018. https://jeankermode.com/2018/06/04/montessori-fantasy-fairy-tales/.
Napitupulu, Dedi Sahputra. “Nilai-Nilai Pendidikan Pada Kisah Nabi Adam AS.†TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 2 (2017): 243–56.
Nasution, Raisah Armayanti. “Penanamana Disiplin dan Kemandirian Anak Usia Dini dalam Metode Maria Montessori.†Jurnal Raudhah 5, no. 2 (2017).
“Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.†Diakses 13 Desember 2020. https://www.perpusnas.go.id/news-detail.php?lang=id&id=201207054042D9ofrETOvz.
Puspitasari, Intan, dan Miftah Khilmi Hidayatulloh. “Penanaman Nilai Moral-Spiritual Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Fabel dalam Surat Al-Fiil.†Wacana 12, no. 1 (2020): 36–49.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Sarah Busyra, Nur Azizah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.