DESAIN E-LEARNING PADA TAYANGAN PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SD DI TVRI
DOI:
https://doi.org/10.36840/alaufa.v2i2.340Kata Kunci:
E-learning, Bahasa Indonesia, Belajar Dari RumahAbstrak
Fokus utama penelitian ini adalah mendeskripsikan desain e-learning Program Belajar dari Rumah mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD yang ditayangkan di TVRI. Fokus utama tersebut dirinci lima menjadi subfokus yaitu mengenai indikator pembelajaran, rangkaian pembelajaran, metode pembelajaran, startegi penyampaian, dan strategi evaluasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Indikator pembelajaran tersusun atas kompetensi C1 dan C2 disesuaikan dengan tingkat perkembangan intelektual siswa. Rangkaian pembelajarn disusun berdasarkan prerequisite methode atau metode prasyarat sehingga pembelajaran terangkai secara runtut. Metode pembelajaran yang digunakan adalah expositive methode yang menekankan pada aspek penyerapan informasi baru. Startegi penyampaian melalui TVRI merupakan pilihan tepat karena dapat diakses oleh semua peserta didik di Indonesia, baik secara sinyal maupun pengoperasionalan. Evaluasi tidak dapat dilakukan secara maksimal, terutama untuk kompetensi yang membutuhkan praktik dikarenakan siswa tidak dapat berinteraksi dengan peserta didik secara langsung
Referensi
Asrul, dkk. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Cipta Pustaka.
Ghirardini, Beatrice. 2011. E-Learning Methodologies: A Guide for Designing and Developing E-Learning Course. Roma: FAO.
Hailikari, Telle. 2009. Assessing University Students’ Prior Knowledge: Implication for Theory and Practice. Helsinki : University of Helsinki Departemen of Education.
Ibda, Fatimah. 2015. Perkembangan kognitif : Teori Jean Piaget. Jurnal intelektualita, volume 3 nomor 1 tahun 2015, (jurnal.ar-raniry.ac.id) halaman 34.
Krathwohl, David R. 2002. “A Revision of Bloom’s Taxonomy: An Overviewâ€, Theory Into Practice, Volume 41, Number 4, Autum 2002. Ohio: College of Education, The Ohio State University.
Milles, Matthew B. dan Huberman, A. Micheal 1994. Qualitative Data Analysis. California: Sage Publication Inc.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Giati Anisah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.