Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Sekolah Berasrama

Authors

  • Eshthih Fithriyana Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.210

Keywords:

Sikap Empati, Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal

Abstract

Pendidikan merupakan sarana dalam upaya memanusiakan manusia. Pendidikan sarana transmisi dan transformasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai. Dalam menanamkan dan mengembangkan karakter Bangsa lembaga pendidikan memiliki peranan yang penting dalam peletakan dasar moral dan kepribadian. Sikap empati perlu untuk ditumbuhkan sebagai upaya pencegahan terhadap disintegrasi yang terjadi di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan dasar pendidikan moral dan karakter. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis secara komprehensif tentang penanaman sikap empati melalui pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada sekolah berasrama. Penelitian ini dilakukan pada dua pondok pesantren di kabupaten Bojonegoro, yaitu Pondok Pesantren Ar-Rosyid dan Pondok Pesantren At-Tanwir. Berdasarkan hasil analisis data wawancara, observasi dan dokumen ditemukan bahwa kedua pondok pesantren telah melalukan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal sebagai upaya penanaman sikap empati pada Santri dengan pendekatan-pendekatan sesuai dengan karakteristik pondok pesantren masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Caesar, ‘Ledakan Bom Di Surabaya Terjadi Pada Tiga Gereja’, Nasional Tempo, 2018 <https://nasional.tempo.co/read/1088304/ledakan-bom-di-surabaya-terjadi-di-tiga-gereja>

Akbar, T. Saiful, ‘MANUSIA DAN PENDIDIKAN MENURUT PEMIKIRAN IBN KHALDUN DAN JOHN DEWEY’, Jurnal Ilmiah Didaktika, 2015 <https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.582>

Brata Ida Bagus, ‘Kearifan BudayaLokal Perekat Identitas Bangsa’, Jurnal Bakti Saraswati. Diakses Pada Hari Minggu 20 Juli 2019. Pukul 00.00 WIB, 2016 <https://doi.org/10.1007/s11104-008-9614-4>

Farida, Siti, ‘Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam’, KABILAH: Journal of Social Community, 1 (2016), 198–207

Hamdan, Stephani Raihana, ‘Kecerdasan Emosional Dalam Al-Qur’an’, SCHEMA: Journal of Psychology Research, 2017

Haryanto, Haryanto, ‘MANUSIA DALAM TERMINOLOGI AL-QUR’AN’, SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 3 (2017), 63–86

Hidayat, R, ‘Debat Alot, Mahasiswa Sampaikan Mosi Tak Percaya’, CNN Indonesia, 2019 <https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190923193527-20-433137/debat-alot-mahasiswa-sampaikan-mosi-tak-percaya-kepada-dpr>

Ivan Riyadi, ‘Integrasi Nilai-Nilai Kecerdasan Emosional Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sma: Perspektif Daniel Goleman’, HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 2015

Juhana, Dudung, and Haryati Haryati, ‘Pengaruh Motivasi, Disiplin Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kesehatan Kota Cimahi’, Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 7 (2013), 84–94

Mufidah, LukLuk Nur, ‘PEMIKIRAN GUS DUR TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER DAN KEARIFAN LOKAL’, Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 15 (2015), 91–110

Mulyasa, Manajemen Pendidikan Karakter (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

Salamet, ‘Karakter Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam’, Jurnal Pelopor Pendidikan, 2012

Santoso, Bangun, ‘24 Warga Sulawesi Meninggal Akibat Kerusuhan Di Wamena’, Suara Dot Com, 2019 <https://www.suara.com/news/2019/09/30/090230/gubernur-24-warga-sulsel-meninggal-akibat-kerusuhan-di-wamena>

Siska, Yulia, Manusia Dan Sejarah: Sebuah Tinjauan Filosofis (Penerbit Garudhawaca, 2015)

Syafe’i, Imam, ‘Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter’, Al-Tadzkiyyah, 8 (2017), 61–82

Syafril, Syafrimen, ‘MANUSIA/INSAN’, 2018

Thalib, Syamsul Bachri, and M Si, Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif (Prenada Media, 2017)

Tim, B I P, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (Bhuana Ilmu Populer, 2016)

Yulia, Palupi, ‘Implementation of Professionalism Of Teacher And Formation Of Character In Primary School Students’, Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8 (2016), 40–43

Yusuf, A Muri, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (Prenada Media, 2016)

Published

2019-04-15

How to Cite

Fithriyana, E. (2019). Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Sekolah Berasrama. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 42–54. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.210

Issue

Section

Articles