Aturan Penulisan

Template Jurnal Al-Ulya

 Panduan Penulisan

  1. Artikel merupakan tulisan konsepsional atau hasil penelitian ilmu keislaman dalam ragam lingkup kajian Islam, yang meliputi: a) Pendidikan Islam; b) Pendidikan dasar; c) Pendidikan madrasah; d) Pendidikan sekolah.
  2. Artikel adalah karya autentik dan belum pernah diterbitkan dalam berkala ilmiah lain atau buku bunga rampai.
  3. Font Times New Roman
  4. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia baku dengan spasi 1,5 cm pada kertas A4 dan dikirim dalam ke alamat email: alulya.tarbiyah@gmail.com. Panjang tulisan adalah 10-25 halaman atau 5000 s.d 9000 kata. Artikel paling lambat diserahkan satu bulan sebelum jurnal diterbitkan.
  5. Menyertakan abstrak dalam bahasa Inggris maksimal 200 kata; pada setiap abstrak disusul dengan kata kunci (keyword).
  6. Nama penulis artikel (tanpa gelar akademik atau jabatan) dicantumkan dengan disertai alamat korespondensi, alamat email, dan afiliasi.
  7. Perujukan dalam artikel menggunakan model footnote dengan memperhatikan kekhasan referensi yang dirujuk, seperti buku, buku terjemahan, buku berjilid/bervolume, buku bunga rampai, artikel dalam bunga rampai, artikel dalam jurnal, artikel dalam ensiklopedia, artikel dalam website (internet), artikel dalam media massa (majalah, surat kabar, dan lain-lain), skripsi, tesis, disertasi, maupun kitab suci. Sebagai contoh:
  8. Penulisan referensi menggunakan standar Turabin atau standar Chicago reference

 

PENULISAN JURNAL

 JUDUL DITULIS DENGAN FONT TIMES NEW ROMAN 12 CETAK TEBAL (MAKSIMUM 12 KATA)

 Penulis11), Penulis22) dst. [Font Times New Roman 10 Cetak Tebal dan Nama Tidak Boleh Disingkat]

1Nama Fakultas, nama Perguruan Tinggi (penulis 1)

email: penulis _1@abc.ac.id

2Nama Fakultas, nama Perguruan Tinggi (penulis 2)

email: penulis _2@cde.ac.id

 

Abstract [Times New Roman 11Cetak Tebal dan Miring]

Abstract ditulis dalam bahasa Inggris yang berisikan isu-isu pokok, tujuan penelitian, metoda/pendekatan dan hasil penelitian. Abstract ditulis dalam satu alenia, tidak lebih dari 200 kata. (Times New Roman 12, spasi tunggal, dan cetak miring).

 Keywords: Maksimum 5 kata kunci dipisahkan dengan tanda koma. [Font Times New Roman 12 spasi tunggal, dan cetak miring]

 

1. PENDAHULUAN

Pendahuluan mencakup latar belakang atas isu atau permasalahan serta urgensi dan rasionalisasi kegiatan (penelitian atau pengabdian). Tujuan kegiatan dan rencana pemecahan masalah disajikan dalam bagian ini. Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada) dimasukkan dalam bagian ini. [Times New Roman, 12, normal].

 

2. KAJIAN LITERATUR DAN PENGEMBANGAN HIPOTESIS (Jika Ada)

Bagian ini berisi kajian literatur yang dijadikan sebagai penunjang konsep penelitian. Kajian literatur tidak terbatas pada teori saja, tetapi juga bukti-bukti empiris. Hipotesis peneltiian (jika ada) harus dibangun dari konsep teori dan didukung oleh kajian empiris (penelitian sebelumnya). [Times New Roman, 12, normal].

 

3. HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian ini menyajikan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan.[Times New Roman, 12, normal].

 

4. KESIMPULAN

Kesimpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan. [Times New Roman, 12, normal].

 

REFERENSI

Referensi ditulis berdasarkan Abjad. [Times New Roman, 12, normal].