Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.207Keywords:
Strategi pengembangan, kedisiplinan siswaAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk medeskripsikan strategi pengembangan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa dan guru pada madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Bulu Balen Bojonegoro. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah:1. Strategi pengembangan kedisiplinan MTs Bahrul Ulum Bulu Balen Bojonegoro yaitu: a) Penyiapan visi, misi, motto, dan tujuan, b) Penyiapan program kegiatan khusus, program kegiatan ini sengaja disiapkan khusus untuk mensosialisasikan dan membimbing dan mengawasi pelaksanaan pendidikan kedisiplinan. c) Tata tertib, ini digunakan sebagai aturan bertindak bagi siswa. d) Sosialisasi, yaitu sosialisasi tentang kedisiplinan, baik dalam tataran materi maupun aplikasinya. 2. pelaksanaan pendidikan kedisiplinan di MTs Bahrul Ulum Bulu Balen Bojonegoro sudah berjalan dengan sukses, baik dalam aplikasinya maupun hasilnya, ini terbukti dengan kedisiplinan siswa yang semakin meningkat, baik kedisiplinan dalam belajar maupun dalam bersikap/ bergaul dengan teman-temannya.
Downloads
References
Ahmad Rohani dan Drs. H. Abu Ahmadi, Pengelolaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta, tt
Alex Sobur, Anak Masa Depan, Angkasa, Bandung, 1991
Chales Schaefer, Cara Efektif Mendidik dan Mendisiplinkan Anak, Jakarta, Kesaint Blanc, 1986
Hafi Anshari, Pengantar Ilmu Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya, 1983,hlm 670.
Hurlock EB, Perkembangan Anak, Erlangga, Jakarta, 1993
Muhibbin Syah, M.Ed, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, PT Remaja Rosda Karya, Bandung, 2003
Oemar Hamalik, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Trigenda Karya, Jakarta,1994
Soejitno Irmim, Abdul Rochim, Membangun Disiplin Diri Melalui Kecerdasan Spiritual dan Emosional, Batavia Press, Cet. I, 2004
Suryaningsih, Pengaruh Disiplin Terhadap Peningkatan Prestasi Hasil Belajar Siswa MTsN Malang I, RS. PI, 2004
The Liang Gie, Cara Belajar Yang Efisien, Pusat Kemajuan Studi UMG Press, Yogjakarta,1975
William F. Glueck, Lawrence R. Jauch, Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, Erlangga, Jakarta, tt
Zuhairini dkk., Filsafat Pendidikan Islam, Bumi Aksara, Jakarta, 1989