Pengaruh Metode Sorogan terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum

Authors

  • Mukhlishotin MTs Mambaul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.36840/ulya.v4i2.235

Keywords:

Metode Sorogan, Membaca Kitab Kuning

Abstract

Guna meningkatkan efektifitas santri, guru/ustadz harus selalu berupaya dengan berbagai strategi, termasuk diantaranya adalah dengan menggunakan metode sorogan. Metode pembelajaran pada dasarnya merupakan pengelolaan dan pengembangan yang dilakukan terhadap komponen-komponen pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: a) Untuk mengetahui penerapan metode sorogan di Pondok Pesantren Mambaul Ulum, b) Untuk mengetahui kemampuan membaca kitab kuning santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum, c) Untuk mengetahui pengaruh metode sorogan terhadap keberhasilan dalam membaca kitab kuning santri di Pondok Pesantren Mambaul Ulum.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode sorogan memiliki pengaruh yang baik terhadap kemampuan membaca kitab kuning santri pondok pesantren Mambaul Ulum Wadang Ngasem Bojonegoro. Hal ini terbukti dari pengisian angket metode sorogan yang dihasilkan dari 30 responden dengan nilai rata-rata (85) pada kategori sangat baik dan nilai rata-rata raport membaca kitab fathul qorib kelas 3 ula dan 1 wustho (79,5) juga tergolong baik. Selanjutnya, untuk mengetahui pengaruh metode sorogan terhadap kemampuan membaca kitab kuning santri di pondok pesantren Mambaul Ulum Wadang Bojonegoro dalam penelitian ini digunakan metode analisis statistic Product Moment dan hasil dari rumusan Product Moment dapat diketahui bahwa nilai r sebesar 0,523.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman. 1990. Pesantren Masa Depan, Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Bandung : Pustaka Hidayah.

Departemen Agama RI. 2006. Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta:Departemen Agama RI.

Hakim, Taufiqul. 2003. Metode Praktis Mendalami Al-Qur’an dan Membaca Kitab Kuning. Bandung : Mizan.

Hermawan, Asep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : PT. Remaja Roesdakarya.

Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam. Semarang : Rasail Media Group.

Suyono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Published

2019-10-23

How to Cite

Mukhlishotin. (2019). Pengaruh Metode Sorogan terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 177–189. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i2.235

Issue

Section

Articles