Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk) pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

Authors

  • Ela Fidayanti MI Hidayatul Islam Mentoro

DOI:

https://doi.org/10.36840/ulya.v4i2.233

Keywords:

Kooperatif learning, hasil belajar, aqidah akhlaq.

Abstract

Upaya guru dalam mencapai tujuan belajar Aqidah Akhlak pada bab akhlak terpuji dan akhlak tercela dapat ditempuh dengan menggunakan metode kooperatif teknik keliling ruangan (Gallery walk). Fokus penelitian masalah dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana implementasi metode pembelajaran kooperatif teknik keliling ruangan (Gallery Walk) pada hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas III MI Hidayatul Islam Mentoro? 2. Apa faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode pembelajaran kooperatif teknik keliling ruangan (Gallery Walk) pada hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas III MI Hidayatul Islam Mentoro? Adapun tujuan: 2. Untuk mengetahui bagaimana implementasi metode pembelajaran kooperatif teknik keliling ruangan (Gallery Walk) pada hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas III MI Hidayatul Islam Mentoro.2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode pembelajaran kooperatif teknik keliling ruangan (Gallery Walk) pada hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas III MI Hidayatul Islam Mentoro.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan analisis data reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti juga menggunakan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan tringulasi dan member chek.

Penggunaan metode kooperatif ini menjadikan siswa mampu bersinergi dalam proses pembelajaran dikelas serta menghargai dan mengapresiasi hasil belajar teman satu kelompoknya maupun teman lain kelompok. Serta siswa kelas III ini melakukan atau mengaktifkan fisik dan mental siswa selama proses belajar dan siswa kelas III rata-rata mampu menerima kritik dengan sikap positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Marina Gazali, 1998. Dasar-Dasar Pendidikan, Bandung: Mizan..

Isjoni. 2011. Cooperative Learning Ektifitas Pembelajaran Berkelompok. Bandung:

Alfabeta.

Nasution. 2003. Berbagai Pendidikan dalam Proses Belajar dan Mengajar. (Jakarta:

Bumi Aksara.

Published

2019-10-23

How to Cite

Fidayanti, E. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk) pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 156–165. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i2.233

Issue

Section

Articles