Pengaruh Moving Classsentra terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Roudlotun Ni’mah Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro
  • Ahmad Farid Utsman Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro
  • Eva Khoirun nisa Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.211

Keywords:

Moving Class, Kemandirian Anak

Abstract

Kemandirian anak merupakan kemampuan anak untuk melakukan kegiatan dan tugas sehari-hari sendiri atau dengan sedikit bimbingan, sesuai dengan tahap perkembangan dan kemampuan anak.Pembelajaran di sekolah juga dapat mempengaruhi kemandirian seorang anak, bagaimana anak belajar mandiri, percaya diri, didapat dari sekolah.Penelitian ini diangkat atas dasar pemikiran yang menyatakan bahwa adanya pengaruh Moving Class, maka dapat meningkatkan kemandirian anak dalam menjalani kehidupan sehari-hari.Pada sisi inilah penulis mengkaji keberadaan pengaruh moving class di RA Islamiyah Ngasem terhadap kemandirian anak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dari masing-masing variabel serta untuk mengetahui pengaruh moving class terhadap kemandirian anak usia dini di RA Islamiyah Ngasem Kecamatan Ngasem.

Metodologi penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskritif. Analisa terhadap pengaruh moving class terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun RA Islamiyah Ngasem, penulis mencoba memaparkan semua data yang diperoleh dari berbagai literatur, wawancara langsung, kemudian data-data yang terkumpul dianalisa berpedoman pada sumber-sumber yang tertulis.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pengaruh moving class terhadap kemandirian anak mempunyai peranan yang sangat besar, karena moving class mampu membuat anak-anak lebih mandiri. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan moving class ini bahwa dengan adanya moving class ini disambut positif oleh masyarakat, khususnya ibu-ibu guru dan anak didik, dan hasilnya bisa dilihat dari perilaku mereka sehari-hari yang mengalami evolusi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Saifudin.2001. Metode Penelitian. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Asrini,Dwi, Lutfi. 2016. Meningkatkan kemampuan berbahasa melalui metode sentra peran pada anak kelompok A RA Islamiyah Ngasem. Skripsi tidak diterbitkan.Program Pascasarjana. Bojonegoro.

Basri, Hasan. 1996. Remaja Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya.Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Dariyo.Agus.2005. PsikologiPerkembangan Anak 3 Tahun Pertama.PT Refika Aditama. Bandung.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Depdiknas.2005. Melalui Sentra dan Saat Lingkaran.

Hadidan, Haryono Amirul.1998. Metodologi Pendidikan Islam.PustakaSetia. Bandung.

John. W. Santrock. 1995. Life Span Development. Erlangga. Jakarta.

Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Komunitas Pemulung. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI-VOL. 11, No. 1, Juni 2016

Majid, Abdul. 2012. Pendidikan Karakter. PT. Rosdakarya. Bandung.

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Marion Dowling. 2005. Young Childern’s Persona, Social and Emotional Development, Second Edition .Paul Chapman Publishing. London.

Mukhtar Latif, dkk. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Prenamedia Group. Jakarta.

Pengaruh Model Pembelajaran Beyond Centers And Circels Times (BCCT) dan Kemandirian Terhadap Kreativitas. Jurnal Pendidikan Usia Dini PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta.

Steven J. Stein and Howard E. Book. 2000. Ledakan EQ, Terjemahan Trinanda Rainy Januarsary dan Yudi Murtanto. Kaifa. Bandung.

Steven R Covey. 1997. The Seven Habits of Highly Effective People, Terjemahan Budianto. Binarupa Aksara. Jakarta.

Sudjiono, Anas. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pres. Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D.Alfabeta. Bandung.

Syaiful Sagala. 2009. Kemampuan Profesional Guru Dan Tenaga Kependidikan.Alfabeta. Bandung.

Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional .Pustaka Widyatama. Yogyakarta.

Wismiarti.2012. Sentra, Modul PPOT 7. Penerbit Sekolah Al-Falah. Jakarta Timur.

Wiyani, NovanArdy. 2013.Bina KarakterAnak Usia Dini. Ar-ruzz Media. Yogyakarta.

Yamin,Martinisdkk.2013.PanduanPendidikanAnakUsiaDini(PAUD). Referensi (GaungPersadapers Group). Jakarta.

Zainun Mutadin, “Kemandirian Sebagai Kebutuhan Psikologis pada Remaja”.

Published

2019-04-15

How to Cite

Ni’mah, R. ., Farid Utsman, A., & Khoirun nisa, E. (2019). Pengaruh Moving Classsentra terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 55-71. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i1.211

Issue

Section

Articles