PENGARUH METODE TEMATIK GLOBAL BELAJAR TARJAMAH AL-QUR’AN TERHADAP PEMAHAMAN AL-QUR’AN SANTRI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA BETON MEGALE KEC. KEDUNGADEM KAB. BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v8i1.173Keywords:
Metode Tematik, Santri, Diniyah, TarjamahAbstract
“Penelitian ini membahas tentang “Pengaruh Metode Tematik Global Terhadap Pemahaman Al-Qur’an Santri Madrasah Diniyah Miftahul Huda Dusun Beton Desa Megale Kecamatan Kedungadem Kabupaten Bojonegaroâ€. Adapun masalah yang menjadi fokus penelitian adalah : (1) Bagaimana pelaksanaan metode Tematik Global belajar Tarjamah Al-Qur’an pada santri Madrasah Diniyah Miftahul Huda di Desa Megale Kecamatan Kedungadem Bojonegoro. (2) Bagaimana pemahaman Al-Qur’an santri Madrasah Diniyah Miftahul Huda di Desa Megale Kecamatan Kedungadem Bojonegoro. ( 3) Sejauh mana pengaruh metode tarjamah Al-Qur’an pada santri Madrasah Diniyah Miftahul Huda di Desa Megale Kecamatan Kedungadem Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan : (1) Penulis ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan metode Tematik Global belajar tarjamah Al-Qur’an pada santri Madrasah Diniyah Miftahul Huda di Dusun Beton, Desa Megale Kecamatan Kedungadem Bojonegoro. (2) Penulis ingin mengetahui bagaimana pemahaman Al-Qur’an santri Madrasah Diniyah Miftahul Huda di Desa Megale Kecamatan Kedungadem Bojonegoro. (3) Penulis ingin mengetahui sejauhmana pengaruh metode tarjamah Al-Qur’an pada santri Madrasah Diniyah Miftahul Huda di Desa Megale Kecamatan Kedungadem Bojonegoro. Dalam penelitian ini diperlukan data-data yang akurat dan valid. Adapun metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi langsung, metode dokumentasi dan metode angket. Penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai koefisien korelasi sesudah test antara diberi metode tematik global terhadap pemahaman Al-Qur’an adalah koefisien korelasi pearson > r tabel (0,416 > 0,388), maka dapat diambil kesimpulan yaitu korelasinya signifikan.â€