MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DI SMP AL-FATIMAH BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v7i1.117Keywords:
motivasi, menghafal Al-Qu’an, pembelajaran kooperatifAbstract
“Al-Qur’an adalah firman Allah yang berbahasa arab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui malaikat jibril dan bernilai ibadah bagi yang membacanya. Al-Qur’an merupakan pedoman bagi umat Islam sehingga menjadi keharusan bagi muslim untuk mempelajarinya. Tidak sedikit dari muslim yang juga menghafal Al-Qur’an tiga puluh juz. Dalam proses menghafal ada berbagai tahapan mulai dari membaca sampai menghafalnya. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an, misalnya: waktu menghafal, tingkat kecerdasan, motivasi, kelancaran membaca Al-Qur’an dan sebagainya. Terlebih jika menghafal Al-Qur’an menjadi kegiatan belajar mengajar yang sifatnya klasikal. Seorang pendidik harus bisa menguasai peserta didik yang memiliki kemampuan berbeda-beda dalam menghafal yang terkumpul menjadi satu kelas. Kesulitan semakin terasa jika waktu yang dimiliki tidak banyak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan pendekatan studi kasus (case-study approach). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran menghafal Al-Qur’an dan hasil yang didapatkan dari model tersebut terhadap motivasi menghafal A-Qur’an. Hasil penelitian, peserta didik lebih termotivasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif.â€