PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DI DESA KLINO, SEKAR

Authors

  • Dery Ariswanto Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Siti Labiba Kusna Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Yogi Prana Izza Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri

Keywords:

digital marketing, pelatihan, umkm

Abstract

Desa Klino merupakan salah satu Desa yang berada di wilayah Sekar yang memiliki beberapa pelaku UMKM yang tergabung dalam KTW Mekar Sari dan unit usaha yang dikelola oleh BUMDes. Kendala utama yang dikeluhan oleh pelaku usaha di sana adalah tentang pemasaran produk, sebagai tindak-lanjut terhadap kondisi tersebut maka perlu dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan digital marketing. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan pengelolaan usaha melalui pemasaran digital yang meningkatkan pendapatan UMKM di Desa Klino. Kegiatan pengabdian kepada masyarkat ini dalam prosesnya menggunakan metode ABCD atau Asset Based Comunity Development. Hasil dari pelatihan ini dapat  dirasakan dengan adanya proses transfer of knowledge tentang pengembangan dan pemasaran produk menggunakan internet (marketplace dan social media). Pasca pelatihan, banyak manfaat positif yang dirasakan oleh pelaku UMKM khususnya yang berkaitan dengan langkah-langkah memperluas pemasaran produk melalui digital sehingga pendapatan mereka mengalami peningkatan. Jika melihat perkembangan dan kemajuan teknologi yang semakin pesat, maka diperlukan keseriusan dan peningkatan keterampilan bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan pemasaran digital.

Downloads

Published

2022-09-20