http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/issue/feed AT-TUHFAH: JURNAL STUDI KEISLAMAN 2020-09-26T13:04:17+00:00 Malia Fransisca MALIAFRANSISCA2018@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>At-Tuhfah adalah Jurnal Studi Keislaman</strong> Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro yang mengkhususkan pada diskursus pendidikan Islam, hukum Islam dan bahasa-sastra Arab. Terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan <strong>Januari-Juni</strong> dan <strong>Juli-Desember</strong>.</p> http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/article/view/281 REVITALISASI PERAN KONSELOR DALAM KINERJA BIMBINGAN KONSELING DI PESANTREN NURUL JADID 2020-07-04T13:21:52+00:00 Kutlatul Hasanah kutlatulhasanah@gmail.com <p><em>seiring berkembangnya sosial dan budaya, bimbingan konseling sangat urgen membentuk karakter dalam memahami diri (self understanding), menerima diri, mengarahkan diri, dan merealisasikan diri terhadap lingkungan. Bimbingan konseling ternyata tidak hanya dibutuhkan pada level pendidikan formal, melainkan juga dibutuhkan dalam pendidikan nonformal, seperti halnya pondok pesantren yang menyediakan bimbingan konseling sebagai wadah bagi santri untuk menghadapi dan menyelesaikan problematika kehidupan sehari-hari. Konselor pesantren memiliki peran untuk melayani dan membantu para santri dalam menyelesaikan masalah. Konselor juga berfungsi sebagai motivator serta sebagai evaluator dari tindak lanjut masalah yang sesuai dengan penilaian dan keberhasilan layanan yang diberikan oleh konselor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan berdasarkan data hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di Wilayah Az-Zainiyah Pondok Pesantren Nurul Jadid untuk mengetahui peran konselor dalam kinerja bimbingan konseling. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh beberapa hal penting mengenai peran konselor dalam kinerja bimbingan konseling pesantren. Pertama, membantu para santri dalam menghadapi problematika kehidupan sehari-hari. Kedua, memberi motivasi kepada santri dan pengurus dalam rangka membangun gairah dalam pengabdian<strong>. </strong>Ketiga, mengimplementasikan hasil pembinaan untuk masa yang akan datang.</em></p> 2020-07-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 At-Tuhfah http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/article/view/277 URGENSI DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM NIAT 2020-07-04T12:51:26+00:00 M. Jauharul Ma'arif emjemaarif@gmail.com <p><em>Based on the many verses of the Qur'a&gt;n and the H{adi&gt;th concerning the intentions and management of the heart, we can conclude that these two things are very important. One should not be surprised if there are many scholars who compile books on the topic of special discussion about the two. Starting something with the intention of causing interest and focus on a charity that affects the readiness of the heart to do it. This readiness is important because the heart is a place where ikhla&gt;s{ as the mouth of all worship is. With the heart ready it is expected that a ‘charity can be carried out to the maximum. The intention is not just a ritual of worship, but if worship is carried out with full appreciation, there will appear a lot of Islamic religious education values ​​obtained. Among them are submission and obedience to religious orders, obeying regulations, growing enthusiasm to achieve good goals, determination and enthusiasm towards goodness, patience and a strong willingness to do something good even though heavy and difficult, awareness to improve the quality of faith and devotion, concern for self and the environment, vigilance to avoid or deal with liver disease, discipline, wisdom, love and obedience to religious orders.</em></p> 2020-06-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 At-Tuhfah http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/article/view/282 ANALISIS PENDIDIKAN SOSIAL ANAK PERSPEKTIF ABDULLAH NASIH ULWAN DALAM KITAB TARBIYAH AL-AWLAD FI AL-ISLAM 2020-07-04T14:33:51+00:00 ulva badi ulvabadi@gmail.com Sitti Atiyatul Mahfudoh siti.atiyah.m@gmail.com <p><strong><em>e</em></strong><em>ra globalisasi adalah era kemajuan</em><em>. </em><em>Diantaranya adalah kemajuan teknologi. Hal ini pasti akan banyak berimbas kepada kehidupan manusia. Utamanya kehidupan dalam bermasyarakat. Tidak dapat dipungkiri kemajuan teknologi sangat memberi dampak kepada kehidupan manusia. Disatu sisi membawa kemajuan, disisi lain membawa perubahan dalam kehidupan bermasyarakat. Pengaruh globalisasi dengan ditandai keterbukaan media semakin membanjiri anak-anak. Anak-anak lebih tertarik dengan gadget dibanding bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Padahal masyarakat merupakan salah satu tempat berlangsungnya Pendidikan. Maka bermasyarakat merupakan suatu keniscayaan. Sudah sepatutnya tanggung jawab pendidikan sosial anak amat penting bagi orang tua dan guru dalam mendidik anak</em><em> agar menjadi anggota masyarakat yang baik. Terdapat banyak sekali konsep pendidikan sosial anak, Salah satu konsep pendidikan sosial untuk anak tertuang dalam kitab Tarbiyah Al-Awlad Fi Al-Islam karya Abdullah Nasih Ulwan. Menurut Abdullah Nasih Ulwan, Pendidikan sosial adalah mendidik anak sejak dini untuk komit dengan etika sosial yang baik dan dasar-dasar jiwa yang luhur, yang bersumber dari akidah islam yang abadi dan perasaan iman yang dalam. </em><em>Dengan demikian si anak dapat hidup di masyarakat dengan pergaulan dan adab yang baik, pemikiran yang matang, dan bertindak secara bijaksana</em><em>.&nbsp;&nbsp; </em></p> 2020-07-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 At-Tuhfah http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/article/view/283 TEORI KONFLIK DIALEKTIKA RALF DAHRENDORF 2020-07-05T01:25:53+00:00 yogi prana izza zherifzizi@gmail.com <p><em>This paper focuses on discussing how to structure society according to Dahrendorf, how he built his theory; from where the building theory came from, and what new thesis Daherendorf produced. Dahrendorf sees social reality as having two faces (conflict and consensus). Therefore, the theory of sociology is divided into two parts; conflict theory and consensus theory. Here it is seen that Daherndorf in theory tried to perfect Marx and Weber's opinions on social reality. The final aspect of Dahrendorf's conflict theory is the link between conflict and social change. Conflict, according to him, leads to change and development. In conflict situations, the groups involved take actions that make changes in the social structure.</em></p> 2020-07-05T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 At-Tuhfah http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/article/view/285 PUJIAN SETELAH ADZAN UNTUK PERKEMBANGAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK 2020-07-10T21:09:03+00:00 Tutik Tutik tutik@gmail.com Ulfa Ulfa Ulfamasyhur8@gmail.com Mohammad Tsaqibul Fikri tsaqibul@sunan-giri.ac.id <p><em>Praise readings after the call to prayer as one method to be used as a guide for children in stimulating spiritual intelligence. This method is effective if used for early childhood. With praise, children can memorize the obligatory nature of God, prayer, and prayers. In it, there is a moral message so that the reading of praise can inspire children to be applied in everyday life. Praise readings have a high religious meaning in which there are meanings of monotheism, tawakal, istigfar, and worship to the Prophet. Praise also contains remembrance, exhortation, and advice. Living up to its meaning, it is very beneficial and has a role for children's spiritual intelligence. </em><em>This research took place in the Madin Ula Al Huda Institute, Sumbertlaseh Village, Dander District, Bojonegoro Regency. This paper describes the spiritual intelligence of children in the Madin Ula Al Huda institution Sumbertlaseh Village, Dander District, Bojonegoro Regency. It can be concluded that praise can lead children to get to know the Attributes of God, to be prepared, pray so that it makes it easier for children to memorize them. This effort to instill spiritual intelligence through praise in Madin Ula Al Huda Sumbertlaseh Village is categorized as effective so that children can apply these habits not only in madrasas and children are motivated to implement those in the praise.</em></p> 2020-07-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 At-Tuhfah http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/article/view/286 الجناس للكلمة ساعة فى القرآن الكريم التي قبلها حرف 2020-07-12T12:19:21+00:00 miftahul mufid miftahul.mufid@gmail.com Mundzar Fahman mfahman2002@yahoo.com <p><strong>المستخلص:</strong> "الجناس هو نوع من الدراسة البلاغية و التى يكون التحسين بها راجعا الى اللفظ. هذا البحث يبحث عن الجناس للكلمة "ساعة" فى القرآن الكريم. لانّ تلك الكلمة تشتمل المميزات، قد وجدت الباحثة الكلمة "ساعة" فى أربعة عشرين أماكن فقط فى القرآن الكريم وفقا لعدد الساعات في يوم واحد ليلة واحدة أي 24 ساعة. وأدواته البحث هي الملاحظة والوثائقية. ومصادر البيانات هي القرآن الكريم و كتب بلاغة و كتب تفسير التي تتعلق به. اما نتائج البحث لهذا البحث هي المعنى والفائدة للكلمة "ساعة" في القرآن الكريم هو بمعنيان، المعنى الاول بمعنى "القيامة" موجود فى 21 أماكن من القرآن الكريم أما المعنى الثانى بمعنى "الوقت" موجود فى 3 أماكن من القرآن الكريم. وأسلوب الجناس للكلمة "ساعة" فى القرىن الكريم هو الجناس التام (مماثل) لان كلمتين المتجانسين من نوع واحد فعل و فعل."</p> 2020-07-12T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 At-Tuhfah http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/article/view/299 FORMASI NALAR FIKIH ISLAM PESISIR KIAI SALEH DARAT 2020-09-04T00:23:58+00:00 Nurul Huda abzaryal@gmail.com <p><em>Formasi nalar fikih Kiai Saleh Darat mengambil corak nalar fikih Islam pesisir bayani cum irfani yang bersifat, pertama, dialektis; konstruksi nalar yang mengakui perlunya dialektika antara&nbsp; tradisi Arab dan tradisi lokal sebagai sebuah entitas yang saling menggeluti pemaknaan hidup, sehingga melahirkan tradisi baru. Kedua, Semi-Partikularistik; nalar yang tidak mengakui elemen-elemen bersifat normatif secara mutlak untuk segala masyarakat yang mau melangsungkan Islamisasi. Ketiga, &nbsp;Semi-Pluralistik; konstruksi nalar yang tidak menyetujui asas tunggal dan abadi secara mutlak sehingga berpotensi menghakimi dan menghilangkan pluralitas budaya lokal yang bersifat incommensurable. </em></p> 2020-09-04T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 At-Tuhfah http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/article/view/304 SISTEM SEWA STAN DI GO FUN BOJONEGORO PERSPEKTIF FIQH AL-MU’AMALAH 2020-09-21T04:00:39+00:00 Shofa Robbani shofa@sunan-giri.ac.id <p><em>Go Fun Bojonegoro Theme Park is one of the biggest family playgrounds in Bojonegoro. Most tourist attractions must have a variety of products that are traded to visitors who come. The rental of the heavy food stands at Go Fun Bojonegoro has a different contract agreement with the other stands because there are additional contracts, namely profit sharing cooperation by increasing the selling price. </em><em>The results of the study indicate that the practice of profit sharing between the food stand tenants and the Go Fun Bojonegoro manager has a different agreement with other booths, because the rental of food stands at Go Fun Bojonegoro has the most number of payment details. Go Fun Bojonegoro managers waive booth rental fees and replace it with a profit sharing system, namely by increasing the selling price of food by 20% of the selling price set by the tenant at a ratio of 80:20. </em><em>In addition, there are three theories in the perspective of sharia economic law, namely the contract, ijarah and musyarakah. Of the three contracts, it is considered valid according to sharia economic law because they have met the requirements and harmonious agreements, ijarah and musharaka.</em></p> 2020-09-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 At-Tuhfah http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/article/view/314 PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MIN KEPATIHAN BOJONEGORO 2020-09-26T13:04:17+00:00 Ahmad Manshur ahmanshur@gmail.com <p><em>Pemanfaatan&nbsp; teknologi&nbsp; informasi&nbsp; dan&nbsp; komunikasi&nbsp; diharapkan&nbsp; mampu meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar. Memanfaatkan TIK dalam pelaksanaan pembelajaran karena tidak didukung dengan sarana prasarana&nbsp;&nbsp; yang&nbsp;&nbsp; memadai. Pembelajaran hanya&nbsp; monoton dilakukan di&nbsp; ruang&nbsp;&nbsp; kelas&nbsp;&nbsp; dan dengan ceramah sehingga&nbsp; siswa merasa jenuh. Berdasarkan uraian diatas maka permasalahan penelitian adalah (1) bagaimanakah efektivitas penggunaan teknologi informasi dan Komunikasi terhadap prestasi belajar siswa di MIN Kepatihan Bojonegoro. (2) bagaimanakah efektivitas media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di MIN Kepatihan Bojonegoro. (3) bagaimanakah efektivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di MIN Kepatihan Bojonegoro. Metode dalam penelitian ini explanatory survey, yaitu merupakan suatu jenis metode penelitian deskriptif yang dilakukan terhadap subyek dan obyek penelitian dalam jumlah besar dalam waktu yang bersamaan. Hasil perhitungan uji F (test anova) penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa dapat dilihat pada Tabel Coefficient.&nbsp; Dari uji F (test anova), didapat F hitung adalah 15.518 dengan tingkat signifikansi 0,044. Karena probabilitas (0,044) jauh lebih kecil dari 0,05 berarti H<sub>0</sub> ditolak, yang berarti bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.</em></p> 2020-09-26T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2020 At-Tuhfah