Aturan Penulisan dan Etika Publikasi Jurnal at-Tuhfah

ETIKA PUBLIKASI DAN ATURAN PENULISAN JURNAL AT-TUHFAH

ETIKA PUBLIKASI JURNAL AT-TUHFAH

At-Tuhfah (e-ISSN: 2614-593X) adalah jurnal ter-review yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Agama Islam, IAI Sunan Giri Bojonegoro. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etika dari semua pihak yang terlibat dalam proses penerbitan sebuah artikel di jurnal ini, termasuk penulis, ketua editor, dewan editorial, reviewer dan penerbit. 

 

Pedoman Etika untuk Publikasi Jurnal

Publikasi sebuah artikel di jurnal at-Tuhfah ter-review merupakan bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan diakui. Ini adalah refleksi langsung dari kualitas karya penulis dan lembaga yang mendukung mereka. Artikel-artikel yang ter-review mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Oleh karena itu, penting untuk menyepakati standar perilaku etika yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, mitra bestari, penerbit dan masyarakat.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAI Sunan Giri Bojonegoro sebagai penerbit jurnal at-Tuhfah mengambil tugas memelihara semua tahap penerbitan dengan sangat serius dan kami menyadari etika dan tanggung jawab kami lainnya. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang atau pendapatan komersial lainnya tidak berdampak atau mempengaruhi keputusan editorial. Selain itu, LP2M IAI Sunan Giri Bojonegoro dan Dewan Editorial akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal dan/atau penerbit lain, yang mana ini berguna dan diperlukan.

 

Keputusan Publikasi
Editor at-Tuhfah bertanggung jawab untuk memutuskan artikel terkirim mana yang harus diterbitkan. Validasi pekerjaan tersebut dan pentingnya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan tersebut. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dari dewan editor jurnal dan dibatasai oleh ketentuan hukum yang berlaku, seperti pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor lain atau mitra bestari dalam membuat keputusan ini.

 

Aspek Keadilan

Editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual penulis tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, etnis, kewarganegaraan, atau pandangan politik dari para penulis.

 

Kerahasiaan

Editor dan setiap staf editorial harus tidak mengungkapkan informasi apapun tentang naskah terkirim kepada orang lain selain penulis, reviewer, calon reviewer, dewan editor lainnya yang sesuai, dan penerbit, yang sesuai.

 

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Bahan yang tidak dipublikasikan dalam sebuah naskah yang diajukan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

 

Tugas Reviewer

Kontribusi untuk Keputusan Editorial

Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan dapat membantu penulis dalam meningkatkan kualitas manuskrip melalui editor.

Kecepatan

Setiap reviewer yang dipilih yang merasa tidak memenuhi syarat / minat untuk menelaah manuskrip atau tidak mempunyai cukup waktu untuk menelaah harus segera memberitahu editor dan undur diri dari proses peninjauan.

Kerahasiaan

Setiap manuskrip diterima untuk di-review harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Manuskrip harus tidak disebarkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas

Review harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi dari penulis adalah tidak pantas untuk disampaikan. Reviewer harus menyatakan pandangan mereka secara jelas dengan argumen yang mendukung.

Pengakuan Sumber

Reviewer harus mengidentifikasi karya telah terbit yang relevan yang belum dikutip oleh penulis. Pernyataan bahwa observasi, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Reviewer juga harus menyatakan ke editor jika ada kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang dipertimbangkan dan setiap artikel lain yang diterbitkan.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan

Informasi atau ide yang diperoleh dalam proses review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer harus menolak naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan akibat kompetisi, kolaborasi, atau hubungan dan koneksi lainnya dengan salah satu penulis, perusahaan, atau lembaga yang berkaitan dengan manuskrip.

 

Tugas Penulis

Standar Pelaporan

Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan yang akurat dari pekerjaan yang dilakukan serta diskusi objektif dari signifikansi risetnya. Data yang mendasari harus disertakan secara akurat di manuskrip. Sebuah manuskrip harus mengandung detail dan referensi yang cukup untuk mengizinkan orang lain untuk meniru pekerjaan. Laporan penipuan atau pemberian informasi tidak akurat secara sengaja merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Akses Data dan Retensi

Penulis diminta untuk memberikan data mentah yang terkait dengan manuskrip untuk editorial, dan harus siap untuk menyediakan akses publik terhadap data tersebut, jika memungkinkan, dan harus dalam hal apapun untuk menyimpan data tersebut setelah publikasi.

Orisinalitas dan Plagiarisme

Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya sepenuhnya asli, dan jika penulis telah menggunakan pekerjaan dan / atau kata-kata dari orang lain, maka ini telah dikutip dengan tepat.

Publikasi Ganda, Redundan dan Serentak

Seorang penulis tidak boleh mempublikasikan manuskrip yang menjabarkan esensi penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Pengiriman manuskrip yang sama untuk lebih dari satu jurnal bersamaan merupakan perilaku penerbitan tidak etis dan tidak dapat diterima.

 

Pengakuan Sumber

Pengakuan yang tepat dari karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan dari pekerjaan yang dilaporkannya.

 

Daftar Penulis Manuskrip

Penulis harus dibatasi hanya kepada mereka yang telah membuat kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah membuat kontribusi yang signifikan harus terdaftar sebagai penulis pembantu. Orang atau pihak lain yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis korespondensi harus memastikan bahwa semua penulis yang sesuai tercantum dalam manuskrip dan tidak ada penulis yang tidak sesuai, dan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi final dari kertas dan telah sepakat untuk pengajuan untuk publikasi.

 

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan

Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik kepentingan baik substantif atau keuangan yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi manuskrip mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek tersebut harus diungkapkan.

Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan

Ketika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan signifikan dalam karya yang diterbitkannya, adalah kewajiban penulis untuk segera memberitahukan editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki manuskrip.

 

ATURAN PENULISAN JURNAL AT-TUHFAH

A. Artikel yang dikirim ke redaksi At-Tuhfah harus mengikuti ketentuan-ketentuan teknis sebagai berikut:

  1. Artikel merupakan tulisan konsepsional atau hasil penelitian ilmu Humaniora dalam ragam lingkup kajian At-Tuhfah, yang meliputi: a) pemikiran; b) pendidikan; c) hukum; d) budaya Islam.
  2. Artikel adalah karya autentik dan belum pernah diterbitkan dalam berkala ilmiah lain atau buku bunga rampai.
  3. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia baku dengan spasi 1,5 cm pada kertas A4 dan dikirim dalam ke alamat email: jurnal.annas@gmail.com. Panjang tulisan adalah 15-18 halaman atau 6000 s.d 7000kata. Artikel paling lambat diserahkan dua bulan sebelum jurnal diterbitkan.
  4. Menyertakan abstrak dalam bahasa Inggris maksimal 200 kata; pada setiap abstrak disusul dengan kata kunci (keyword).
  5. Nama penulis artikel (tanpa gelar akademik atau jabatan) dicantumkan dengan disertai alamat korespondensi, alamat email, dan atau nomor telpon seluler.
  6. Penulisan Artikel dalam Jurnal At-Tuhfah ini menggunakan pedoman transliterasi Arab-Indonesia sebagai berikut. yaitu; ب ,(’) ا (b), ت (t), ث (th), ج (j), ح (ḥ), خ (kh), د (d), ذ (dh), ر (r), ز (z), س (s), ش (sh), ص (ṣ), ض (ḍ), ط (ṭ), ظ (ẓ), ع (‘), غ(gh), ف (f), ق (q), ك (k), ل (l), م (m), ن (n), و (w), _ (h), ء (’), ى (y). . Untuk menunjukkan bunyi panjang (madd) dengan menuliskan coretan horizontal (macron) di atas huruf â, î, dan û (ا، ي، و). Bunyi hidup dobel (dipthong) Arab ditransliterasikan dengan menggabung dua huruf “ay” dan “aw”, seperti bayyinah, dawwâmah. Untuk kata yang berakhiran tâ’ marbûtah dan berfungsi sebagai sifat (modifier) atau mudâf ilayh ditransliterasikan dengan “ah”, sedangkan yang berfungsi sebagai mudaf ditransliterasikan dengan “at”. Contoh dalam penulisan transliterasi: bism Allah al-Rahman al-Rahim [بسم الله الرحمن الرحيم]
  7. Perujukan dalam artikel menggunakan model footnote dengan memperhatikan kekhasan referensi yang dirujuk, seperti buku, buku terjemahan, buku berjilid/bervolume, buku bunga rampai, artikel dalam bunga rampai, artikel dalam jurnal, artikel dalam ensiklopedia, artikel dalam website (internet), artikel dalam media massa (majalah, surat kabar, dan lain-lain), skripsi, tesis, disertasi, maupun kitab suci. Sebagai contoh:
  • Buku——Jamâl al-Bannâ, Tajdîd al-Islâm wa I‘âdat Ta’sîs Manzûmat al-Ma‘rifah al-Islâmîyah (Kairo: Dâr al-Fikr al-Islâmî, 2005), 23.
  • Buku Terjemahan——Karen Armstrong, Perang Suci: dari Perang Salib hingga Perang Teluk, terj. Hikmat Darmawan (Jakarta: Serambi, Cet. Ke-5, 2007), 26.
  • Buku berjilid——Abû ‘Abd Allâh Muhammad b. Ismâîl b. Ibrâhîm b. al-Mughîrah b. Bardazbah al-Bukhârî al-Ju‘fî, Sahîh al-Bukhârî, Vol. I, Hadîth ke-52 (Kairo: Dâr al-Hadîth, 2004), 121.
  • Artikel dalam Buku——R. Hrair Dekmejian, “Islamic Revival: Catalysts, Categories, and Consequences” dalam Shireen T. Hunter (ed.), The Politics of Islamic Revivalism: Diversity and Unity (Bloomington and Indianapolis: Indiana University Press, 1988), 155.
  • Artikel dalam Ensiklopedia——Yani Abeveiro, “Bermula dari al-Ikhwan al-Muslimun: Menyeru Jihad Menebar Teror” dalam Agus Maftuh Abegebriel (ed.), Ensiklopedi Negara Tuhan (Jakarta Selatan: SR-Ins Publishing: 2004), 50.
  • Artikel dalam Jurnal——Lutfi Assyaukanie, “Tipologi dan Wacana Pemikiran Arab Kontemporer” dalam Jurnal Pemikiran Islam Paramadina, Vol. I, No. 4 Juli-Desember (Jakarta: Paramadina, 1998), 14.
  • Artikel dalam Media Massa——Muhammad AS Hikam, “NU dan Gerakan Civil Society di Indonesia”, Suara Pembaruan, 03 Agustus 1994, 1.
  • Artikel dalam Internet——Hâshim Sâlih, “Jamâl al-Bannâ bayn al-Islâh al-Dînî wa al-Tanwîr” dalam www. assyarqalawsat.com/24-Mei-2004/diakses 20-Juni-2008.
  • Skripsi, Tesis, dan Disertasi———Thoha Hamim, “Moenawar Chalil’s Reformist Thought: A Study of an Indonesian Religious Scholar (1908-1961) (Disertasi--McGill University, 1996), 81.
  • Kitab Suci: al-Qur’ân dan Injil—QS. al-Fâtihah [1]: 4; Perjanjian Baru, Yoh. 20: 31.

 

B. Penulis bebas biaya

Artikel yang di submit tidak dipungut biaya.

 

C. Panduan Submit online

Berikut cara submit artikel melalui online, klik submission online.