REKONDISI METODE MENGAJAR BAHASA ARAB: STUDI NARATIF PENGALAMAN TUTUR

Authors

  • Mohammad Pansha Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Muassomah Muassomah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

Studi naratif, Metode mengajar, Pengalaman tutur

Abstract

Perjalanan seseorang dalam mempelajari apapun termasuk bahasa Arab
sangat penting untuk diketahui, sebagai acuan dan pengalaman yang dapat ditiru
untuk diaplikasikan bagi siapa saja. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar
belakang dan pengalaman tutor bahasa arab yang tergabung dalam sebuah tim
bernama El-Lughah dalam merekondisi metode mengajar bahasa arab di Kelas
Idaman SMA An-Nur 2 Bululawang, Malang. Pendekatan dalam penelitian ini berupa
kualitatif dengan desain studi naratif pengelaman tutur dari kelima partisipan yang
tergabung dalam tim bernama El-Lughah. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses
pembelajaran bukan hanya sekedar proses sturktural statis melainkan dinamis.
Kemampuan dan keahlian profesi yang dimiliki seorang pendidik sangat diperlukan
untuk mwujudkan sebuah proses pembelajaran yang baik. Di sisi lain kreatifitas dan
ketangguhan serang pendidik juga di perlukan dalam menghadapi tantangan dan
menyelesaikan masalah dalam pembelajaran. Sehingga tujuan dan cita-cita
pembelajaran yang ditentukan dapat tercapai dengan baik.

Downloads

Published

2021-07-02

How to Cite

Mohammad Pansha, & Muassomah, M. (2021). REKONDISI METODE MENGAJAR BAHASA ARAB: STUDI NARATIF PENGALAMAN TUTUR. AT-TUHFAH: JURNAL STUDI KEISLAMAN, 10(1), 1–12. Retrieved from https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/at-tuhfah/article/view/429