PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII MTs. HIDAYATUN NAJAH TUBAN

Authors

  • Ana Achoita STITMA Tuban

DOI:

https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v9i2.355

Keywords:

Pengaruh, Hafalan Al-Qur’an, Prestasi Akademik

Abstract

Al Qur’an memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan.  Penanaman terhadap  pembelajaran al-Qur’an perlu diajarkan kepada anak sejak dini, mulai dari membaca, memahami, ataupun menghafalkan al-Qur’an. Menghafal al-Qur’an selama ini dianggap menjadi beban. Banyak orang tua yang berasumsi bahwa dengan menghafal al-Qur’an anak-anak akan cenderung susah untuk fokus dalam belajar pelajaran yang lainnya, sehingga nilai akademik mereka akan menurun. Mereka akan disibukkan dengan setoran hafalan yang harus dipenuhi sesuai target yang telah ditetapkan. Berdasarkan hal teresbut, pnelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hafalan al-Qur’an terhadap  prestasi akademik siswa kelas VIII MTs. Hidayatun Najah Tuban.. Data penelitian dikumpulkan dengan beberapa teknik, seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif melalui teknik analisis korelasi product moment. Secara kuantitatif adalah untuk mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang telah dikumpulkan melalui studi dokumentasi nilai rapot hafalan al-Qur’an dan nilai rapot akademik. Hasil penelitian antara hafalan al-Qur’an dengan prestasi akademik adalah saling berpengaruh. Hafalan al-Qur’an siswa kelas VIII MTs. Hidayatun Najah Tuban tergolong cukup baik, sedangkan prestasi akademiknya masuk pada kriteria atas. Berdasarkan perhitungan korelasi product moment sebesar 0,573 menunjukkan hubungan yang cukup kuat antara hafalan al-Qur’an terhadap prestasi akademik siswa kelas VIII MTs. Hidayatun Najah Tuban. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala madrasah, ada faktor lain yaitu minat dan motivasi dari orang tua juga berpengaruh terhadap prestasi akademik anak.

Downloads

Published

2021-01-06