PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MIN KEPATIHAN BOJONEGORO

Authors

  • Ahmad Manshur IAI SUNAN GIRI BOJONEGORO

DOI:

https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v9i1.314

Keywords:

Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Media Pembelajaran dan Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Pemanfaatan  teknologi  informasi  dan  komunikasi  diharapkan  mampu meningkatkan keberhasilan proses belajar mengajar. Memanfaatkan TIK dalam pelaksanaan pembelajaran karena tidak didukung dengan sarana prasarana   yang   memadai. Pembelajaran hanya  monoton dilakukan di  ruang   kelas   dan dengan ceramah sehingga  siswa merasa jenuh. Berdasarkan uraian diatas maka permasalahan penelitian adalah (1) bagaimanakah efektivitas penggunaan teknologi informasi dan Komunikasi terhadap prestasi belajar siswa di MIN Kepatihan Bojonegoro. (2) bagaimanakah efektivitas media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di MIN Kepatihan Bojonegoro. (3) bagaimanakah efektivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di MIN Kepatihan Bojonegoro. Metode dalam penelitian ini explanatory survey, yaitu merupakan suatu jenis metode penelitian deskriptif yang dilakukan terhadap subyek dan obyek penelitian dalam jumlah besar dalam waktu yang bersamaan. Hasil perhitungan uji F (test anova) penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa dapat dilihat pada Tabel Coefficient.  Dari uji F (test anova), didapat F hitung adalah 15.518 dengan tingkat signifikansi 0,044. Karena probabilitas (0,044) jauh lebih kecil dari 0,05 berarti H0 ditolak, yang berarti bahwa penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Downloads

Published

2020-09-26