MENAKAR MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH

Authors

  • Amru Almu’tasim Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v7i2.140

Keywords:

Madrasah, Kurikulum, Pendidikan Islam

Abstract

Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam dalam proses pengembangan kurikulum harus didasarkan pada landasan pengembangan kurikulum yang ada. Penting untuk diperhatikan dalam melihat berbagai percakapan, kurikulum di Madrasah dianggap memiliki peran yang sangat besar karena di dalamnya terdapat muatan moral agama yang menjadikan manusia / peserta didik berakhlaqul karimah dan dididik sesuai dengan nilai-nilai Islam. Karena pada dasarnya perubahan kurikulum mengarah pada pengembangan kurikulum untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan karena berbagai pengaruh positif yang datang dari luar atau dari dalam dirinya sendiri, dengan harapan bahwa peserta didik dapat menghadapi masa depan mereka dengan baik. Jadi esensi pengembangan kurikulum itu sendiri adalah proses identifikasi, analisis, sintesis, evaluasi, pengambilan keputusan dan penciptaan elemen kurikulum. Agar proses pengembangan kurikulum dapat bekerja secara efektif dan efisien, pengembang kurikulum harus bekerja pada prinsip pengembangan kurikulum.

Downloads

Published

2018-11-03

How to Cite

Almu’tasim, A. (2018). MENAKAR MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM DI MADRASAH. AT-TUHFAH: JURNAL STUDI KEISLAMAN, 7(2), 1–19. https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v7i2.140