Pengaruh Kegiatan Drumband terhadap Aspek Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia 5 -6 Tahun Di RA Islamiyah Kuniran

Authors

  • Lutfiatuz Zahro RA Islamiyah Kuniran Purwosari

DOI:

https://doi.org/10.36840/ulya.v4i2.234

Keywords:

Drumband, Nilai Agama dan Moral, Kolaborasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya kegiatan drumband di RA Islamiyah Kuniran Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro terhadap perilaku moral siswa berupa sikap empati, jujur, disiplin, tanggungjawab, kerja keras, dan kerjasama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, pelatih kegiatan ekstrakurikuler drumband, orangtua siswa, dan siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter yang perlu diterapkan kepada siswa meliputi empati, jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, dan kerjasama. Dalam tahap perencanaan pelatih mempersiapkan peraturan yang harus ditaati oleh siswa. Nilai disiplin sudah tercermin saat penelitian antara lain pelatih dan siswa sudah disiplin dalam waktu dan mentaati peraturan. Terkait disiplin sikap, selama kegiatan latihan berlangsung sudah dilaksanakan oleh pelatih dan siswa, sedangkan nilai tanggung jawab pelatih dan siswa sudah dijalankan berupa tanggung jawab dalam bertindak, memenuhi kewajiban, dan dapat dipercaya. Pelatih selalu melaksanakan evaluasi yaitu evaluasi musik, evaluasi gerakan, serta evaluasi sikap. Dalam evaluasi sikap terkandung aspek afektif dan psikomotor. Aspek afektif dalam kegiatan ini melatih siswa untuk dapat bersikap disiplin dan bertanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Nugraha danYeni Rachmawati. 2010. Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta : Universitas Terbuka

Indra Pamukas. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Drum band di TK Pertiwi. Jurnal Musik 3 (1).

Lajnah pentashih Mushaf Al Qur’an Departemen Agama Republik Indonesia. 2005. Aljumanatul Ali Al-qur’an dan terjemahan, Bandung: CV. Penerbit J-ART.

Novan A W. 2012. Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep Pendidikan Karakter. Yogyakarta

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa

Siti Aisyah, dkk. 2012. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Banten: PAUD 4306/MODUL 1.

Syaikh Amin bin Abdullah asy-Syaqawi. 2013. Ukhuwah Islamiyah. Islam House.

Tetty Rachmi, dkk. 2012. Ketrampilan Musik dan Tari.Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Winar Pratiwi Putri. 2016. Program Studi Pendididkan Anak Usia Dini, FIKP Universitas Muhammmadiyah. Skripsi S1 FKIP Universitas Muhammmadiyah Pontianak.

Published

2019-10-23

How to Cite

Zahro, L. (2019). Pengaruh Kegiatan Drumband terhadap Aspek Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia 5 -6 Tahun Di RA Islamiyah Kuniran. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 166-176. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i2.234

Issue

Section

Articles