Berkisah melalui Boneka Tangan untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa di RA Muslimat Nurul Muttaqin

Authors

  • Mohammad Tsaqibul Fikri Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro
  • Suwiti RA Muslimat Nurul Muttaqin

DOI:

https://doi.org/10.36840/ulya.v4i2.232

Keywords:

Berkisah, Perkembangan Bahasa, Imajinasi

Abstract

Salah satu perkembangan anak usia dini yang harus dikembangkan adalah perkembangan bahasa anak. Bahasa merupakan salah satu media yang digunakan banyak orang untuk bisa berinteraksi dengan sesama dan juga bentuk komunikasi yang paling efektif. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan bahasa yaitu metode bercerita. Metode bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak RA dengan membawakan cerita yang berisi nilai-nilai perjuangan, keagaaman, moral, sosial, dan lain-lain baik secara lisan maupun non lisan.

Kegiatan berkisah dapat menarik fokus anak untuk mendengarkan, maka media boneka tangan dapat digunakan untuk menarik minat anak untuk bisa antusias, senang, dan perhatian dalam mendengarkan guru. Anak lebih mengenal sejarah-sejarah Islam yang ada dijawa agar cerita sejarah pada zaman dahulu tidak punah/hilang begitu saja, maka kami ingin meningkatkan Perkembangan bahasa melalui boneka tangan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan metode bercerita dengan boneka tangan dan menjelaskan pengaruh berkisah melalui boneka tangan dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak pada kelompok A. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen rancangan pretest-posttest test design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi pada kelompok A di RA Muslimat Nurul Muttaqin Desa Sokogrenjeng Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban yang berjumlah 28 anak.

Melalui uji statistik Nonparametik dengan menggunakan rumus wilcoxon sign test, maka dari hasil penelitian dapat diperoleh hasil Z yang dihasilkan adalah -4,683 dengam p-value (probabilitas) sebesar 0,00 karena nilai p-value (probabilitas) yang di hasilkan kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa metode berkisah dengan menggunakan boneka tangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan bahasa anak di RA Muslimat Nurul Muttaqin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al- Qur’an. 2009. Terjemahan Sirrah Maryam. Pustaka Al-Fatih. Jakarta.

Asfandiyar. 2009. Cara Pintar Mendongeng. PT. Mizan Pustaka. Bandung.

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Yrma Widya. Bandung.

Dhieni. 2016. Metode pengembangan bahasa. Universitas Terbuka. Jakarta.

Dhieni, Nurbiana. 2013. metode pengembangan bahasa. Universitas terbuka. Tanggerang.

Dra. Moeslichatoen R.M.Pd. 2004 metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta.

Gunawan. T. 2005. Mendongeng dengan Boneka. Penerbit Sarana Bobo. Jakarta.

Gunarti, W. 2010. Metode pengembangan perilaku dan kemampuan anak usia dini. Universitas Terbuka. Jakarta.

Latif. 2014. Pendidikan anak usia dini. Kencana prenada media group. Jakarta.

Manna Al-Qattan. 2000. Mabahith fi Ulum al-Qur’an. t.k.t: Maktabah Wahbah. Jakarta.

Moeslichatoen. 2004. Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Rineka cipta. Jakarta.

Rahmawati. 2005. Relevansi Kandungan Informasi Komponen Arus Kas dan Laba dalam Memprediksi Arus Kas Masa Depan. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Jakarta.

Suhartono. 2005. Pengembangan keterampilan bicara anak usia dini. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Suyadi. 2014. Teori pembelajaran anak usia dini dalam kajian neurosains. Rosda. Bandung.

Suyanto. 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasiona. Jakarta

Triyanto, Agus. 2007. Pembahasan Tuntas Kompetensi Bahasa Indonesia. Esis. Jakarta.

Triyo Supriyanto, M. Samsul Ulum. 2006. Tarbiyah Qur’aniyah. UN Press, Malang.

Published

2019-10-23

How to Cite

Tsaqibul Fikri, M., & Suwiti. (2019). Berkisah melalui Boneka Tangan untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa di RA Muslimat Nurul Muttaqin. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 140–155. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i2.232

Issue

Section

Articles